Jembatan Rancangan Leonardo Da Vinci

Tokoh multi talenta jaman Renaissance, Leonardo da Vinci tetap menjadi salah satu seniman, arsitek, insinyur, ilmuwan, naturalis dan penemu yang paling terkenal pada masanya hingga saat ini. Banyak konsep buatannya melebihi waktunya ratusan tahun kedepan, dan Golden Horn Bridge adalah contoh yang sempurna.



Pada 1501, Leonardo da Vinci membuat sketsa jembatan bentang tunggal sepanjang 240 meter yang akan dibangun diatas Golden Horn - inlet alami Selat Bosphorus yang membagi kota Konstantinopel, yang kini bernama Istanbul. Ini adalah pertama kalinya sebuah jembatan bentang tunggal yang panjang diusulkan. Metode konstruksi yang diperlukan untuk membangun struktur seperti itu belum ada saat itu dan baru tersedia setelah 300 tahun. Akibatnya, jembatan Da Vinci tidak dapat dibangun karena terlalu maju untuk pembangun waktu itu.

Sketsa Jembatan oleh Leonardo Da Vinci

Selama lima ratus tahun, desain anggun Leonardo tetap menjadi tidak jelas, hanya sebuah gambar kecil di sudut salah satu notebook tebal Leonardo, sampai tahun 1996 ketika seorang seniman kontemporer Norwegia, Vebjørn Sand, melihat gambar itu di sebuah pameran desain rekayasa Leonardo. Vebjørn Sand terkesan oleh apa yang dilihatnya dan setelah kembali ke Oslo, ia mengusulkan bahwa Jalan Umum Norwegia melakukan pembangunan jembatan itu.

Selama beberapa tahun ke depan, Vebjorn Sand mencurahkan waktu dan usaha untuk mengubah Proyek Jembatan Leonardo dari mimpi menjadi kenyataan. Dan pada tahun 2001, sebuah jembatan pejalan kaki kecil berdasarkan desain asli Leonardo dibangun dekat kota Ås di Norwegia, di jalan raya E - 18 yang menghubungkan Oslo dan Stockholm. Konversi desain dasar ke jembatan riilnya dilakukan oleh Arsitek Selberg.


Jembatan penyeberangan ini dibangun dengan model yang sama dengan gambar asli Leonardo da Vinci, tapi bukan sebuah lengkungan jembatan batu besar, Jembatan di Ås ini memiliki tiga balok glulam yang melengkung hingga keseberang jalan. Di atas tiga balok glulam tersebut terdapat tempat dimana orang dapat berjalan atau bersepeda. Panjang total jembatan adalah 108 meter dengan lebar bentang utama 40 meter, tinggi 10 meter.


Saat ini pemerintah Turki telah memutuskan untuk membangun sebuah jembatan berbasis desain Leonardo yang membentang di atas Golden Horn. Jembatan ini akan menjadi salinan dari desain Da Vinci, dengan bentang tunggal sepanjang  240 m, lebar 8 meter, dan ketinggian di atas Tanduk Emas 24 meter, seperti yang ditunjukkan pada sketsa Da Vinci.

Model Jembatan Leonardo






Baca Juga:






Source

0 Response to "Jembatan Rancangan Leonardo Da Vinci"

Post a Comment